Panen Perdana Padi Benih Unggul

Kabar Desa Potensi Desa

Panen Perdana Padi Benih Unggul

BULAK SIDEKA – Para petani Desa Bulak, Kecamatan Rowosari yang tergabung dalam gabungan kelompok tani (Gapoktan) Gempol kemarin melakukan panen perdana jenis padi Inpari 33. Panen perdana benih unggul ini dihadiri pejabat Dinas Pertanian dan Pangan Kendal, pengamat hama dan para petani. Panen perdana dilakukan di lahan percontohan (demplot) seluas 0,5 hektare. Panen dilakukan dengan menggunakan mesin.

Kades Bulak Zaenal Alimin mengaku musim panen tahun ini memang tidak bisa serentak. Pasalnya pola tanam yang dilakukan tidak bersamaan karena sebagian tanah ada yang ditanami tanaman semangka. Sekitar 25 hektare sawah baru memulai tanam padi pada pertengahan Juli lalu.

“Padahal mayoritas petani sudah mulai menanam padi pada pertengahan Juni,” ujar Kades.

Kades mengaku bersyukur meski petani agak telat menanam padi namun kondisi tanaman relatif lebih baik. Sebab beberapa areal lahan padi di beberapa desa banyak terserang wereng coklat. Hanya dalam hitungan jam, serangan wereng coklat menghanguskan tanaman padi siap panen.

Pengamat hama Ahmad Sudiarto mengaku serangan wereng coklat sangat merugikan petani. Musim kemarau yang sangat panjang menyebabkan pola serangan wereng coklat sulit ditangani. Pihaknya sudah minta petani rajin melakukan penyemprotan terhadap tanaman padi yang masih ada. Sebab jika telat disemprot tanaman padi sulit diselamatkan. (rif)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan