Terancam Wereng Coklat, Semprot Massal

Kabar Desa Lingkungan

BULAK (Sideka.id) – Para petani Desa Bulak Kecamatan Rowosari tadi pagi (28/9) mengadakan penyemprotan massal mengantisipasi serangan wereng coklat. Areal sawah yang disemprot berada di blok Gempol. Saat ini kondisi tanaman padi hampir menguning. Obat semprot wereng coklat disediakan Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kendal. Lahan yang disemprot mencapai 25 hektare.

Petugas pertanian Sugiyono mengaku serangan wereng coklat saat ini sedang menyerang areal tanaman padi di beberapa desa di Kecamatan Rowosari. Musim kemarau yang panjang menyebabkan serangan wereng coklat makin mengganas. Beberapa desa yang terkena serangan wereng coklat antara lain Desa Karangsari, Parakan, Kebonsari, dan Sendangdawuhan.

“Serangan wereng coklat sangat fatal akibatnya karena tanaman padi yang sudah menguning pun bisa hangus diserang wereng coklat,” ujar Sugiyono.

Dia mengatakan untuk mencegah serangan wereng coklat petani harus rajin sering mengamati kondisi tanaman padi walau sudah hampi menguning.

Salah satu petani Busroni mengaku pihaknya harus sering mengadakan penyemprotan agar wereng tidak menyerang tanaman padi. Salah satu cirinya, banyak burung beterbangan di atas tanaman padi yang ada wereng coklatnya. (RIF)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan